PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA PERUSAHAAN NASIONAL & INTERNASIONAL
Tugas Perkembangan Bisnis Informatika
Perusahaan Nasional & Internasional
Mata Kuliah Pengantar Bisnis Informatika
Disusun Oleh:
Ananda
Nurlita (50420166)
2IA18
TEKNIK
INFORMATIKA
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2022
PERUSAHAAN NASIONAL (INDONESIA)
1.
Mola (Mola Tv)
Mola (Mola TV) adalah layanan
multiplatform yang memiliki layanan over-the-top di Indonesia, Timor Leste, Malaysia,
dan Singapura. Mola dimiliki dan
dioperasikan oleh anak usaha milik Djarum Group yang beroperasi di bawah pabrik
perangkat elektronik Polytron yang berkantor
pusat di Jakarta, serta memiliki dua
studio yang berada di London, Inggris (untuk
siaran Liga Utama Inggris, Bundesliga, dan Garuda
Select) serta Kompleks Gelora Bung Karno di Jakarta
(untuk studio pra dan pasca-laga lainnya). Model bisnisnya cukup unik,
menggabungkan kapabilitas televisi kabel, IPTV, dan video on-demand. Di awal kehadirannya
cukup menggebrak, karena menjadi mitra eksklusif penyiar Liga Inggris.
a. Sejarah
Mola Tv Berdiri awal Oktober 2018, Mola TV menjadi pemegang lisensi hak siar Liga Utama Inggris untuk wilayah Indonesia dan Timor Leste mulai musim 2019–2020 bersama TVRI hingga 2021–2022 bersama SCTV. Mola TV akan menampilkan seluruh 380 pertandingan setiap musim di bawah merek Mola Sports, ditawarkan sebagai saluran Liga Utama Inggris yang berdedikasi dan platform OTT on-demand miliknya sendiri. Mola TV berdiri dengan tujuan menjadikan agar layanannya lebih mudah diakses dan terjangkau oleh lebih banyak orang terutama pada tayangan olahraga.
b.
Kategori Tayangan Di Mola
·
Sofa
Kuning dan cita rasa konten local yang masuk dalam kategori Mola Kids,
yakni sebuah acara keluarga yang menampilkan lagu-lagu anak Indonesia yang
diaransemen ulang sesuai selera musik jaman sekarang.
·
Mola
Living di dalamnya berisi konten-konten eksklusif untuk keluarga mola
menekankan unsur "pendidikan" di dalam seri-serinya. Misalnya
acara "Blusukan Butet Kertaradjasa" yang mengangkat kisah
inspirasi dari orang-orang dengan pengalaman hidup.
· Selain itu Mola juga memiliki konten Movies, News, Sport, dan yang paling baru mereka turut suguhkan tayangan dari HBO GO.
c.
Keunggulan menggunakan Mola TV
·
Tersedia channel untuk anak
· Menyediakan berbagai konten
eksklusif
· Dapat disaksikan melalui
berbagai sarana
· Memiliki hak siar premiere
league
· Hadir dengan perangkat
streaming box
· Bekerja sama dengan rumah
konten
· Model bisnisnya terbilang unik
· Tarif berlangganan terjangkau
d. Omset Perusahaan
Mola
TV klaim telah memiliki tiga juta pelanggan. Adapun hal tersebut juga
didorong dari hak siar Liga Inggris yang didapatkan perusahaan. selain
menayangkan Liga Inggris pihaknya juga menawarkan konten-konten olahraga
lainnya. Bahkan pihaknya meyakini akan ada tayangan super bike, WWE, dan 4
program lainnya yang belum bisa diungkapkan. Ia menyebutkan program tersebut
akan meluncur pada Maret atau April mendatang. Selain, tayangan olahraga
pihaknya juga menawarkan program film di Mola TV secara gratis. Dari sana
ia menargetkan untuk dapat menjaring 150.000 pelanggan baru tiap
minggunya. Untuk realisasinya, ia mengklaim telah mencapai target dengan tren
pertumbuhan yang baik.
2.
Blibli
Blibli
merupakan e-commerce buatan Indonesia dengan model bisnis yang fokus pada B2B,
B2C, dan B2B2C (Business to Business to Consumer). Sebagai mall online yang
terpercaya, Blibli menawarkan berbagai pilihan produk berkualitas yang
disediakan oleh lebih dari 100.000 mitra usaha, mulai dari kebutuhan primer,
produk elektronik termasuk gadget, kebutuhan sehari-hari hingga produk untuk
keperluan gaya hidup.
a. Sejarah blibli.com
Blibli adalah
salah satu situs web perdagangan elektronik di Indonesia. Blibli juga produk PT
Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital
yang didirikan pada tahun 2011. Blibli bekerja sama dengan penyedia jasa
teknologi, mitra logistik, perbankan serta mitra dagang dengan standar tertentu
untuk menciptakan sistem backend yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna Blibli.
Untuk sistem pemasaran produk Blibli menggunakan katalog dan rekomendasi dari mulut ke mulut. Konsumen bisa melakukan pemesanan produk yang tercantum di katalog melalui telepon, sms, dan email. Saat ini Blibli memerlukan metode baru sebagai solusi dalam system penjualan, pemesanan, mempromosikan produk, dan memasarkan produknya. Salah satu solusinya adalah dengan merancang sebuah aplikasi jual beli online yang lebih dikenal dengan Blibli.com.
berikut ini fitur yang ada di blibli
b. Kelebihan blibli.com
·
Gratis ongkir
·
Packing aman
·
Ada kupon diskon dan promo
·
Layanan baik
·
Pelayanan customer service
·
Harganya kompetitif
· Berbagai produk yang ada di blibli
c. Kekurangan blibli.com
·
Pengiriman lumayan lama
·
Notifikasi dan pemberitahuan
·
Konfirmasi pembayaran cukup lama
· System pembayaran manual
d. Omset blibli.com
Pada kuartal pertama tahun 2019, Blibli.com mengalami
peningkatan pada total pemesanan produk sebanyak 2,5 kali jika dibandingkan
dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.
Kenaikan ini tidak terlepas dari perluasan jumlah produk
sebanyak 3 kali serta penambahan merchant, atau penjual, hingga 2 kali di
periode tersebut.
PERUSAHAAN INTERNASIONAL (DUNIA)
1. Alibaba
Alibaba
dapat didefinisikan sebagai sebuah pasar atau marketplace dengan sistem online.
Dimana salah satu pemilik pangsa terbesar marketplace online dunia untuk saat
ini adalah perusahaan itu. Alibaba.com merupakan
perusahaan e-commerce yang didirikan Jack Ma dan rekannya pada tahun
1999. Alibaba telah menjadi salah satu e-commerce raksasa di dunia. Jumlah
pembeli di situs Alibaba.com diklaim sudah menjangkau 190 negara. Penggunanya
tidak hanya individu, tapi juga pengecer, produsen, pedagang besar, Usaha Kecil
Menengah (UKM) yang bergerak di bisnis ekspor impor, maupun agen perdagangan.
Anak
Perusahaan Alibaba
·
Alibaba.com
·
1688.com
·
Taobao
·
Alimama
·
TMall
·
Alibaba Cloud
·
Ali Express
·
Cainiao Network
·
Ant Financial
·
Alibaba Pictures
·
Youku
·
Lazada
·
South China Morning Post (SCMP)
·
AutoNavi
·
Alipay
·
Aliwangwang dan Laiwang
·
Ali Health Information Technology
a. Sejarah Alibaba
Alibaba
kini dikenal sebagai perusahaan e-commerce raksasa asal China. Ide mendirikan
Alibaba pernah tak disambut oleh investor. Pemilihan nama Alibaba yang berbau
Timur Tengah bukan tanpa alasan. Nama ini dipilih sendiri oleh pendirinya, Jack
Ma. Nama Alibaba muncul saat ia mengunjungi sebuah kafe di San Francisco,
Amerika Serikat. Yang diambil dari tokoh Ali Baba di cerita legenda 1001
Malam. Alibaba berhasil mendapatkan pendanaan awal dari Goldman Sach sebesar 5
juta dollar AS dan 20 juta dollar AS dari SoftBank. Baca juga: Alibaba Bangun
Data Center ke-3 di Indonesia 2021 Alibaba.com diharapkan bisa meningkatkan
pasar e-commerce domestik dan menjadi retail online yang tepat bagi para UMKM
di China untuk menembus pasar global. Setelah dirilis tiga tahun, tepatnya tahun
2002, Alibaba mulai mendapatkan keuntungan.
b.
Kelebihan Alibaba
·
Mampu memberikan dari layanan B2B hingga pada
jenis C2C di saat e-commerce lain hanya B2C saja.
·
Menyediakan tempat jual-beli hampir produk apa
pun.
·
Produsen tak perlu mengirim produknya ke pihak
perusahaan atau bisa langsung menjual secara pribadi.
·
Tidak membutuhkan listing produk, jadi penjual
tak perlu repot membuat katalog.
·
Menyediakan tempat komunikasi antara
penjual-pembeli.
·
Banyak pilihan Shipping.
·
Tersedia berbagai jenis pembayaran.
·
Terkoneksi dengan banyak perusahaan lain.
·
Website resmi menyediakan bahasa Indonesia.
c.
Kekurangan Alibaba
·
Barang didominasi oleh produsen lokal, artinya
sebagian besar produk masih bersumber dari China.
·
Masih banyak fake seller, kebijakan pembukaan
sebagai seller kurang ketat sehingga memungkinkan untuk fake seller berjualan.
· Sebagai
pembeli harus ekstra hati-hati karena masalah fake seller tersebut.
d. Omset pendapatan Alibaba
Pendapatan grup Alibaba terus
meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data akhir Maret 2020, perusahaan
yang didirikan Jack Ma itu berhasil mengantongi ¥509,7 miliar atau Rp1.121,3
triliun (kurs Rp2.200 per yuan).
Pendulang terbesar pendapatan Alibaba berasal dari situs
perdagangan elektronik. Sumber tersebut menyumbang 65% dari total pendapatan
Alibaba yang meraih ¥332,8 miliar, setara dengan Rp732,2 triliun,
mengutip dari Statista. Model monetisasi Alibaba bergantung pada layanan dalam
jaringan. Alibaba berhasil menjaring sekitar 726 juta konsumen aktif tahunan
untuk berlangganan di pasar retailnya.
2.
SHOPIFY
Shopify adalah perusahaan e-commerce Kanada yang
mengembangkan perangkat lunak dengan nama yang sama, dan bertanggung jawab
untuk menawarkan serangkaian layanan termasuk pembayaran, pemasaran,
pengiriman, dan peralatan kesetiaan pelanggan untuk menyederhanakan
proses menjalankan toko online bagi pedagang kecil.
a. Sejarah Shopify
Shopify didirikan tahun 2004, Tobias Lütke dan Scott Lake memutuskan untuk mengembangkan solusi e-commerce mereka sendiri dengan cepat menyadari bahwa orang lain juga dapat memperoleh manfaat dari platform yang mereka buat.
Sejak saat itu, Shopify tumbuh dan telah menjadi alat
bantu untuk banyak bisnis toko online untuk para entrepreneur muda memulai
bisnis mereka di ranah online. Hingga tahun 2021 Shopify memiliki lebih dari
800.000 toko online, banyak kantor global, transaksi penjualan lebih dari $63
miliar, dan memiliki lebih dari 3.000 karyawan.
b. Kelebihan Shopify
·
Kenyamanan penggunaan
·
Themes dan Template yang baik
·
Flexibility
·
Kemampuan scalling
·
Aplikasi dan Komunitas Shopify
·
Banyak pilihan metode pembayaran
·
Support dan layanan bantuan pelanggan
c. Kekurangan Shopify
·
Struktur URL, Postingan blog, serta halaman
biasa memiliki struktur URL yang kurang ideal untuk kepentingan SEO. Shopify
menggunakan subdirektori seperti /pages/ atau /blog/news/.
·
Multi-language store, Shopify baru-baru ini
menambahkan fitur multi language untuk toko online. Akan tetapi hasil
terjemahan belum begitu baik, sehingga Anda masih harus mencari third party
apps untuk hasil terjemahan yang baik.
·
Biaya transaksi, Shopify membebankan biaya
transaksi untuk Anda yang menggunakan sistem pembayaran lain selain Shopify
Payements.
d. Manfaat Shopify
·
Platform untuk membuat website dengan mudah
·
Shopify dapat mendesain toko Anda dengan unik
·
Bisa memanajemen toko hanya melalui smartphone
·
Shopify menyediakan layanan bantuan dalam 24 jam
·
Shopify menyediakan trial gratis selama 14 hari
e. Omset Shopify
Hingga kini ada sekitar 600.000 pebisnis dari seluruh dunia
yang bergabung di Shopify dan telah lebih dari 1 juta pengguna aktif di
aplikasi ini. Adapun transaksi yang terjadi lewat Shopify tercatat lebih dari
US$ 55 miliar. Sejak berdiri sampai saat ini tercatat omset Shopify mencapai
US$ 45 miliar.
Tercatat pada
2010, Shopify mendapatkan pembiayaan dari venture capital sebesar US$ 7 juta.
Kemudian pada 2011 perusahaan ini juga mendapatkan pendanaan lanjutan sebesar
US$ 15 juta.
Dalam debutnya
perdana di New York Stock Exchange, saham Shopify saat itu diperdagangkan di
level US$ 28/saham, lebih tinggi dari 60% lebih tinggi dari harga penawaran US$
17 saham. Dari IPO dia mengumpulkan lebih dari $ 131 juta.
Harga Paket Shopify
·
Basic Shopify, dibandrol dengan harga US$ 29.00
per bulan. Paket Basic Shopify ini adalah paket termurah untuk membuat toko
Anda sendiri. Paket ini mencakup semua yang Anda butuhkan untuk membangun toko
online Anda. Terdapat biaya transaksi 2% jika Anda tidak menggunakan Shopify
payments.
·
Shopify dibandrol dengan harga US$79.00 per
bulannya. Lewat paket Shopify ini, Anda dapat memperluas bisnis Anda dengan
fitur tambahan seperti pembuatan kartu gift card. Terdapat biaya transaksi 1%
jika Anda tidak menggunakan Shopify payments.
·
Advanced Shopify Paket ini baiknya diambil untuk
Anda yang memiliki toko online dengan produk yang cukup banyak dan membutuhkan
banyak fitur karena paket harganya dibandrol US$ 299 per bulannya. Ada pula
biaya transaksi 0.5% jika Anda tidak menggunakan Shopify payments.
· Uji Coba Gratis Shopify Shopify menyediakan uji coba gratis selama 14 hari.
DAFTAR PUSATAKA
https://gizmologi.id/insight/fakta-mola-tv/
https://dailysocial.id/post/cerita-mola-tv-liga-inggris-dan-misinya-dengan-konten-cita-rasa-lokal
https://kaltim.prokal.co/read/news/391205-delapan-fakta-manfaat-berlangganan-mola-tv.html
https://industri.kontan.co.id/news/mola-tv-kini-punya-tiga-juta-pelanggan
https://www.blibli.com/faq/tentang-blibli/tentang-blibli-com/
https://lancangkuning.com/post/30256/kelebihan-dan-kekurangan-blibli.html
https://www.ahlibelanja.com/apa-itu-alibaba/
https://www.modalrakyat.id/blog/perusahaan-alibaba
https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-shopify-fungsi-manfaat-dan-cara-menggunakannya/
https://marketingonline.id/review-shopify/
Komentar
Posting Komentar