PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA PERUSAHAAN NASIONAL & INTERNASIONAL

 

Tugas Perkembangan Bisnis Informatika 

Perusahaan Nasional & Internasional

Mata Kuliah Pengantar Bisnis Informatika

 

Disusun Oleh:

Ananda Nurlita (50420166)

2IA18

 

 

TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS GUNADARMA

2022


PERUSAHAAN NASIONAL (INDONESIA)

1.   Mola (Mola Tv)

Mola (Mola TV) adalah layanan multiplatform yang memiliki layanan over-the-top di IndonesiaTimor LesteMalaysia, dan Singapura. Mola dimiliki dan dioperasikan oleh anak usaha milik Djarum Group yang beroperasi di bawah pabrik perangkat elektronik Polytron yang berkantor pusat di Jakarta, serta memiliki dua studio yang berada di LondonInggris (untuk siaran Liga Utama InggrisBundesliga, dan Garuda Select) serta Kompleks Gelora Bung Karno di Jakarta (untuk studio pra dan pasca-laga lainnya). Model bisnisnya cukup unik, menggabungkan kapabilitas televisi kabel, IPTV, dan video on-demand. Di awal kehadirannya cukup menggebrak, karena menjadi mitra eksklusif penyiar Liga Inggris.

a.    Sejarah

Mola Tv Berdiri awal Oktober 2018, Mola TV menjadi pemegang lisensi hak siar Liga Utama Inggris untuk wilayah Indonesia dan Timor Leste mulai musim 2019–2020 bersama TVRI hingga 2021–2022 bersama SCTV. Mola TV akan menampilkan seluruh 380 pertandingan setiap musim di bawah merek Mola Sports, ditawarkan sebagai saluran Liga Utama Inggris yang berdedikasi dan platform OTT on-demand miliknya sendiri. Mola TV berdiri dengan tujuan menjadikan agar layanannya lebih mudah diakses dan terjangkau oleh lebih banyak orang terutama pada tayangan olahraga. 

b.    Kategori Tayangan Di Mola

·     Sofa Kuning dan cita rasa konten local yang masuk dalam kategori Mola Kids, yakni sebuah acara keluarga yang menampilkan lagu-lagu anak Indonesia yang diaransemen ulang sesuai selera musik jaman sekarang.

·     Mola Living di dalamnya berisi konten-konten eksklusif untuk keluarga mola menekankan unsur "pendidikan" di dalam seri-serinya. Misalnya acara "Blusukan Butet Kertaradjasa" yang mengangkat kisah inspirasi dari orang-orang dengan pengalaman hidup.

·     Selain itu Mola juga memiliki konten Movies, News, Sport, dan yang paling baru mereka turut suguhkan tayangan dari HBO GO.

c.     Keunggulan menggunakan Mola TV

·       Tersedia channel untuk anak

·       Menyediakan berbagai konten eksklusif

·       Dapat disaksikan melalui berbagai sarana

·       Memiliki hak siar premiere league

·       Hadir dengan perangkat streaming box

·       Bekerja sama dengan rumah konten

·       Model bisnisnya terbilang unik

·       Tarif berlangganan terjangkau

d.    Omset Perusahaan

Mola TV klaim telah memiliki tiga juta pelanggan. Adapun hal tersebut juga didorong dari hak siar Liga Inggris yang didapatkan perusahaan. selain menayangkan Liga Inggris pihaknya juga menawarkan konten-konten olahraga lainnya. Bahkan pihaknya meyakini akan ada tayangan super bike, WWE, dan 4 program lainnya yang belum bisa diungkapkan. Ia menyebutkan program tersebut akan meluncur pada Maret atau April mendatang. Selain, tayangan olahraga pihaknya juga menawarkan program film di Mola TV secara gratis. Dari sana ia menargetkan untuk dapat menjaring 150.000 pelanggan baru tiap minggunya. Untuk realisasinya, ia mengklaim telah mencapai target dengan tren pertumbuhan yang baik.

 

2.   Blibli

Blibli merupakan e-commerce buatan Indonesia dengan model bisnis yang fokus pada B2B, B2C, dan B2B2C (Business to Business to Consumer). Sebagai mall online yang terpercaya, Blibli menawarkan berbagai pilihan produk berkualitas yang disediakan oleh lebih dari 100.000 mitra usaha, mulai dari kebutuhan primer, produk elektronik termasuk gadget, kebutuhan sehari-hari hingga produk untuk keperluan gaya hidup.


a.    Sejarah blibli.com

Blibli adalah salah satu situs web perdagangan elektronik di Indonesia. Blibli juga produk PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2011. Blibli bekerja sama dengan penyedia jasa teknologi, mitra logistik, perbankan serta mitra dagang dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem backend yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna Blibli.

Untuk sistem pemasaran produk Blibli menggunakan katalog dan rekomendasi dari mulut ke mulut. Konsumen bisa melakukan pemesanan produk yang tercantum di katalog melalui telepon, sms, dan email. Saat ini Blibli memerlukan metode baru sebagai solusi dalam system penjualan, pemesanan, mempromosikan produk, dan memasarkan produknya. Salah satu solusinya adalah dengan merancang sebuah aplikasi jual beli online yang lebih dikenal dengan Blibli.com.

berikut ini fitur yang ada di blibli

b.    Kelebihan blibli.com

·       Gratis ongkir

·       Packing aman

·       Ada kupon diskon dan promo

·       Layanan baik

·       Pelayanan customer service

·       Harganya kompetitif

·       Berbagai produk yang ada di blibli

c.     Kekurangan blibli.com

·     Pengiriman lumayan lama

·     Notifikasi dan pemberitahuan

·     Konfirmasi pembayaran cukup lama

·     System pembayaran manual

d.    Omset blibli.com

Pada kuartal pertama tahun 2019, Blibli.com mengalami peningkatan pada total pemesanan produk sebanyak 2,5 kali jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Kenaikan ini tidak terlepas dari perluasan jumlah produk sebanyak 3 kali serta penambahan merchant, atau penjual, hingga 2 kali di periode tersebut.

 

PERUSAHAAN INTERNASIONAL (DUNIA)


1.    Alibaba

Alibaba dapat didefinisikan sebagai sebuah pasar atau marketplace dengan sistem online. Dimana salah satu pemilik pangsa terbesar marketplace online dunia untuk saat ini adalah perusahaan itu. Alibaba.com merupakan perusahaan e-commerce yang didirikan Jack Ma dan rekannya pada tahun 1999. Alibaba telah menjadi salah satu e-commerce raksasa di dunia. Jumlah pembeli di situs Alibaba.com diklaim sudah menjangkau 190 negara. Penggunanya tidak hanya individu, tapi juga pengecer, produsen, pedagang besar, Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di bisnis ekspor impor, maupun agen perdagangan.

Anak Perusahaan Alibaba

·       Alibaba.com

·       1688.com

·       Taobao

·       Alimama

·       TMall

·       Alibaba Cloud

·       Ali Express

·       Cainiao Network

·       Ant Financial

·       Alibaba Pictures

·       Youku

·       Lazada

·       South China Morning Post (SCMP)

·       AutoNavi

·       Alipay

·       Aliwangwang dan Laiwang

·       Ali Health Information Technology

a.    Sejarah Alibaba

Alibaba kini dikenal sebagai perusahaan e-commerce raksasa asal China. Ide mendirikan Alibaba pernah tak disambut oleh investor. Pemilihan nama Alibaba yang berbau Timur Tengah bukan tanpa alasan. Nama ini dipilih sendiri oleh pendirinya, Jack Ma. Nama Alibaba muncul saat ia mengunjungi sebuah kafe di San Francisco, Amerika Serikat. Yang diambil dari tokoh Ali Baba di cerita legenda 1001 Malam. Alibaba berhasil mendapatkan pendanaan awal dari Goldman Sach sebesar 5 juta dollar AS dan 20 juta dollar AS dari SoftBank. Baca juga: Alibaba Bangun Data Center ke-3 di Indonesia 2021 Alibaba.com diharapkan bisa meningkatkan pasar e-commerce domestik dan menjadi retail online yang tepat bagi para UMKM di China untuk menembus pasar global. Setelah dirilis tiga tahun, tepatnya tahun 2002, Alibaba mulai mendapatkan keuntungan.

b.    Kelebihan Alibaba

·       Mampu memberikan dari layanan B2B hingga pada jenis C2C di saat e-commerce lain hanya B2C saja.

·       Menyediakan tempat jual-beli hampir produk apa pun.

·       Produsen tak perlu mengirim produknya ke pihak perusahaan atau bisa langsung menjual secara pribadi.

·       Tidak membutuhkan listing produk, jadi penjual tak perlu repot membuat katalog.

·       Menyediakan tempat komunikasi antara penjual-pembeli.

·       Banyak pilihan Shipping.

·       Tersedia berbagai jenis pembayaran.

·       Terkoneksi dengan banyak perusahaan lain.

·       Website resmi menyediakan bahasa Indonesia.

c.     Kekurangan Alibaba

·       Barang didominasi oleh produsen lokal, artinya sebagian besar produk masih bersumber dari China.

·       Masih banyak fake seller, kebijakan pembukaan sebagai seller kurang ketat sehingga memungkinkan untuk fake seller berjualan.

·       Sebagai pembeli harus ekstra hati-hati karena masalah fake seller tersebut.

d.    Omset pendapatan Alibaba

Pendapatan grup Alibaba terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data akhir Maret 2020, perusahaan yang didirikan Jack Ma itu berhasil mengantongi ¥509,7 miliar atau Rp1.121,3 triliun (kurs Rp2.200 per yuan).

Pendulang terbesar pendapatan Alibaba berasal dari situs perdagangan elektronik. Sumber tersebut menyumbang 65% dari total pendapatan Alibaba yang meraih ¥332,8 miliar, setara dengan Rp732,2 triliun, mengutip dari Statista. Model monetisasi Alibaba bergantung pada layanan dalam jaringan. Alibaba berhasil menjaring sekitar 726 juta konsumen aktif tahunan untuk berlangganan di pasar retailnya.

 

2.   SHOPIFY

Shopify adalah perusahaan e-commerce Kanada yang mengembangkan perangkat lunak dengan nama yang sama, dan bertanggung jawab untuk menawarkan serangkaian layanan termasuk pembayaran, pemasaran, pengiriman, dan peralatan kesetiaan pelanggan untuk menyederhanakan proses menjalankan toko online bagi pedagang kecil.

a.    Sejarah Shopify

Shopify didirikan tahun 2004, Tobias Lütke dan Scott Lake memutuskan untuk mengembangkan solusi e-commerce mereka sendiri dengan cepat menyadari bahwa orang lain juga dapat memperoleh manfaat dari platform yang mereka buat.

Sejak saat itu, Shopify tumbuh dan telah menjadi alat bantu untuk banyak bisnis toko online untuk para entrepreneur muda memulai bisnis mereka di ranah online. Hingga tahun 2021 Shopify memiliki lebih dari 800.000 toko online, banyak kantor global, transaksi penjualan lebih dari $63 miliar, dan memiliki lebih dari 3.000 karyawan.

b.    Kelebihan Shopify

·       Kenyamanan penggunaan

·       Themes dan Template yang baik

·       Flexibility

·       Kemampuan scalling

·       Aplikasi dan Komunitas Shopify

·       Banyak pilihan metode pembayaran

·       Support dan layanan bantuan pelanggan

c.     Kekurangan Shopify

·       Struktur URL, Postingan blog, serta halaman biasa memiliki struktur URL yang kurang ideal untuk kepentingan SEO. Shopify menggunakan subdirektori seperti /pages/ atau /blog/news/.

·       Multi-language store, Shopify baru-baru ini menambahkan fitur multi language untuk toko online. Akan tetapi hasil terjemahan belum begitu baik, sehingga Anda masih harus mencari third party apps untuk hasil terjemahan yang baik.

·       Biaya transaksi, Shopify membebankan biaya transaksi untuk Anda yang menggunakan sistem pembayaran lain selain Shopify Payements.

d.    Manfaat Shopify

·       Platform untuk membuat website dengan mudah

·       Shopify dapat mendesain toko Anda dengan unik

·       Bisa memanajemen toko hanya melalui smartphone

·       Shopify menyediakan layanan bantuan dalam 24 jam

·       Shopify menyediakan trial gratis selama 14 hari

e.     Omset Shopify

Hingga kini ada sekitar 600.000 pebisnis dari seluruh dunia yang bergabung di Shopify dan telah lebih dari 1 juta pengguna aktif di aplikasi ini. Adapun transaksi yang terjadi lewat Shopify tercatat lebih dari US$ 55 miliar. Sejak berdiri sampai saat ini tercatat omset Shopify mencapai US$ 45 miliar.

Tercatat pada 2010, Shopify mendapatkan pembiayaan dari venture capital sebesar US$ 7 juta. Kemudian pada 2011 perusahaan ini juga mendapatkan pendanaan lanjutan sebesar US$ 15 juta.

Dalam debutnya perdana di New York Stock Exchange, saham Shopify saat itu diperdagangkan di level US$ 28/saham, lebih tinggi dari 60% lebih tinggi dari harga penawaran US$ 17 saham. Dari IPO dia mengumpulkan lebih dari $ 131 juta.  

Harga Paket Shopify

·       Basic Shopify, dibandrol dengan harga US$ 29.00 per bulan. Paket Basic Shopify ini adalah paket termurah untuk membuat toko Anda sendiri. Paket ini mencakup semua yang Anda butuhkan untuk membangun toko online Anda. Terdapat biaya transaksi 2% jika Anda tidak menggunakan Shopify payments.

·       Shopify dibandrol dengan harga US$79.00 per bulannya. Lewat paket Shopify ini, Anda dapat memperluas bisnis Anda dengan fitur tambahan seperti pembuatan kartu gift card. Terdapat biaya transaksi 1% jika Anda tidak menggunakan Shopify payments.

·       Advanced Shopify Paket ini baiknya diambil untuk Anda yang memiliki toko online dengan produk yang cukup banyak dan membutuhkan banyak fitur karena paket harganya dibandrol US$ 299 per bulannya. Ada pula biaya transaksi 0.5% jika Anda tidak menggunakan Shopify payments.

·       Uji Coba Gratis Shopify Shopify menyediakan uji coba gratis selama 14 hari.



DAFTAR PUSATAKA

 

https://gizmologi.id/insight/fakta-mola-tv/

https://dailysocial.id/post/cerita-mola-tv-liga-inggris-dan-misinya-dengan-konten-cita-rasa-lokal

https://kaltim.prokal.co/read/news/391205-delapan-fakta-manfaat-berlangganan-mola-tv.html

https://industri.kontan.co.id/news/mola-tv-kini-punya-tiga-juta-pelanggan

https://www.blibli.com/faq/tentang-blibli/tentang-blibli-com/

https://lancangkuning.com/post/30256/kelebihan-dan-kekurangan-blibli.html

https://www.ahlibelanja.com/apa-itu-alibaba/

https://www.modalrakyat.id/blog/perusahaan-alibaba

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/02/pendapatan-alibaba-terus-meningkat-dalam-satu-dekade-terakhir

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-shopify-fungsi-manfaat-dan-cara-menggunakannya/

https://marketingonline.id/review-shopify/

https://internasional.kontan.co.id/news/menjadi-miliarder-di-usia-muda-lewat-aplikasi-shopify-1?page=2




Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALGORITMA DDA, BRESENHAM DAN MIDPOINT CIRCLE

ANDROID VS IOS