TUGAS PERTEMUAN 8 PENGANTAR WEB SCIENCE
TUGAS
MAKALAH
ANALISIS
WEB
MATA KULIAH PENGANTAR WEB SCIENCE
Disusun Oleh:
Ananda
Nurlita (50420166)
2IA18
TEKNIK
INFORMATIKA
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2022
BAB I
1.
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang Masalah
Saat
ini kebutuhan akan sebuah informasi merupakan sebuah konsumsi yang hampir bergerak
kepada kebutuhan primer manusia. Hal ini dikarenakan perkembangan jaman modern
dimana teknologi komunikasi sangat berkembang pesat dan memungkinkan setiap
orang dapat saling berbagi informasi kepada siapapun, dimanapun dan kapanpun.
Teknologi informasi dan berkembang pesat
dalam dekade terakhir, terutama pesatnya perkembangan penggunaan internet dan
world wide web mengubah cara hidup, bekerja, berkomunikasi, dan pembelajaran
manusia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berbagai teknologi pembelajaran
jarak jauh interaktif menyebabkan perubahan positif dalam proses belajar
mengajar jika dibandingkan dengan sistem pembelajaran jarak jauh sebelumnya.
Salah satu manfaat yang dapat dirasakan dari
penggunaan teknologi informasi adalah meningkatnya ketepatan dan kecepatan
informasi yang sangat membantu operasional lembaga atau organisasi.
1.
Menjelaskan jenis-jenis web
2.
Menganalisis web
1.3.
Tujuan Penelitian
Tujuan dari pembuatan analisi ini untuk mengetahui ada jenis web apa saja dengan cara menganalisis tiap webnya
BAB II
2.
TINJAUAN
PUSTAKA
2.1. Usability
Usabilitas
adalah suatu istilah yang digunakan untuk menandakan bahwa orang dapat
mempekerjakan alat tertentu dengan mudah dalam rangka mencapai tujuan tertentu.
usabilas dapat juga mengacu pada metode yang digunakan untuk mengukur
usabilitas dan studi mengenai kerapian atau efisiensi suatu obyek. Dimensi
usabilitas oleh Quesenbery ( 2003).
·
Efektif (Effective).
ketelitian dan Kelengkapan para pemakai dalam mencapai gol mereka.
·
Efisien (Efficient).
Kecepatan (dengan ketelitian) para pemakai dalam menyelesaikan tugas mereka.
·
Keterlibatan (Engaging).
Derajat atau tingkat gaya interface yang membuat produk nymaan untuk
digunakan.
·
toleransi Kesalahan (Error
tolerant). Seberapa baik disain mencegah kesalahan dan emmebantu memeperbaiki
kesalahan ini.
·
Mudah untuk sipelajari
(Easy to learn). Seberapa baik produk mendukung orientasi awal dan memperdalam
pemahaman tentang kemampuan prosuk tersebut.
2.2.
Fleksibilitas
Usabilas juga mempunyai suatu hubungan
dengan fleksibilitas dalam disain. Secara umum, ketika fleksibilitas dari suatu
disain meningkat, usabilitas nya berkurang.Disain fleksibel dapat melakukan
banyak fungsi dibanding disain khusus, tapi kurang efisien, hal Ini memebuat
disain lebih kompleks. Fleksibilitas membuat para pemakai tidak bisa dengan
jelas mengantisipasi sistem kebutuhan mereka yang akan datang. Kemudian, pada
akhirnya Fleksibilitas itu akan mengakibatkan suatu pengurangan usabilitas.
sehingga perlu dipertimbangkan.
2.3.
User Interface
Antarmuka pemakai adalah bagian sistem
komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer. Desain antar
Muka yang baik memiliki karakteristik di berikut ini:
·
Standardisasi:
keseragaman sifat-sifat antarmuka pemakai pada aplikasi yang berbeda.
·
Integrasi: keterpaduan
antara paket aplikasi dan software tools.
·
Konsistensi:
keseragaman dalam suatu program aplikasi.
·
Portabilitas:
dimungkinkannya data dikonversi pada berbagai hardware dan software.
Ada beberapa hal
yang menyebabkan menurunnya tingkat usabilitas dari suatu desain antar muka
system, diantaranya ialah :
1.
Teks belum jelas dan
pemilihan kata yang tidak tepat dalam bertanya menjadi penyebab Keraguan dan
akhirnya dibaca kembali, yang memungkinkan para pengguna salah dalam
menafsirkannya.
2.
Grafis yang tidak
tepat sehingga unsur-unsur penting tersembunyi.
3.
Judul yang tidak
representatif. Ini juga menciptakan kebingungan dan menghalangi kemampuan dalam
melihat hubungan yang ada.
4.
Permintaan informasi
yang tidak penting atau tidak relevan, permintaan informasi yang memerlukan
pemikirkan ulang dari jawaban sebelumnya sehingga membingungkan pengguna yang
pada akhirnya menimbulkan kekeliruan.
5.
Layout yang tidak
terstruktur dan terarah yang memungkinkan terjadinya kesalahan.
6.
Kualitas presentasi
yang jelek, sulit dibaca, akan menurunkan kemampuan pemakai dan menyebabkan
kesalahan lagi.
BAB III
3. LANDASAN TEORI
3.1. JENIS JENIS WEB
A. Web
Berdasarkan Platform
1. Content Management System (CMS)
2. Website Builder
3. HTML dan CSS
B. Web
Berdarkan Fungsi
1. Blog atau Website Pribadi
2. E-commerce/Toko Online
3. Website Perusahaan
4. Blog (Content Marketing)
5. Organisasi atau Instansi Pemerintah
6. Media Sharing
7. Komunitas Online
8. Website Berita
C. Web
Berdasarkan Sifat
1. Web Statis
2. Web Dinamis
3. Web Interaktif
3.2. ANALISIS
WEB
3.2.1.
TRAVELOKA
Traveloka adalah salah satu marketplace dalam bidang pemesanan tiket pesawat dan hotel yang sangat populer di Indonesia, Traveloka bekerjasama dengan beberapa maskapai dan juga hotel. Traveloka.com memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mencari tiket pesawat dan juga hotel dengan tampilan yang menarik dan program pencarianya yang mudah digunakan (user friendly). Traveloka memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan kepada user yang hendak mencari tiket pesawat dan hotel.
A.
TAMPILAN WEBSITE TRAVELOKA
1. Nama Dan Logo
Traveloka nama yang sangat bagus dan
cocok untuk suatu website yang berhubungan dengan Perjalanan / wisata, dengan
adanya kata yang khas yaitu Travel yang berarti perjalanan. Nama yang cukup simpel
dan mudah di ingat. Nama Traveloka sudah sangat melekat di otak masyarakat,
apabila seseorang ingin berpergian atau berwisata, butuh tiket pesawat dan
penginapan pasti yang muncul pertama kali di otak mereka adalah Traveloka.
2.
Tampilan website menu atau
desain
Pertama kali masuk ke website Traveloka kalian akan di suguhkan dengan tampilan yang menarik dan Simpel dengan tema biru. Pada home page web Traveloka dia lebih mengutamakan mesin atau program pencarian tikel pesawat dan juga hotel, namun tetap terlihat menarik dengan adanya gambar-gambar, banner dan juga ikon-ikon sebagai pelengkap dan juga memudahkan user untuk lebih memahami.
3. System
Menu
Sistem Menu tidak
pernah lepas dari sebuah sistem atau program baik program Desktop ataupun
program Online, Sistem menu berguna untuk memudahkan user untuk berkomunikasi
dengan program, User bisa memberikan perintah hanya dengan menekan atau klik
sebuah menu. Sistem menu ada beberapa jenis misal menu datar, menu pulldown,
menu dropdown dll.
Pada website Traveloka
ini juga terdapat beberapa menu yang bisa membantu para user untuk menemukan
apa yang mereka inginkan. Pada bagian Header halaman Traveloka terdapat
beberapa menu penting yang di butuhkan para user seperti Pilihan Hotel / Tiket,
Bantuan, Login, Register, Cara Pesan, Cek Pesanan, Pilihan Bahasa, Pilihan mata
uang. Menurut kami ini sudah sangat bagus karena dia menempatkan menu pada
bagian header hanya menu-menu yang penting saja, menu yang sangat di butuhkan
oleh para user dan tidak mengganggu tampilan. Untuk menu-menu pelengkap di
letakan di bagian Footer atau bagian paling bawah website, menu-menu pelengkap itu
seperti Contact Us, Customer Service, About Us, kebijakan Privasi, Syarat &
Ketentuan, FAQ, Social Media, dll. Menu-menu ini sangat cocok di letakan di
bawah karena tidak terlalu banyak di gunakan oleh user.
4. IKON
/ Simbol
Ikon atau simbol juga merupakan bagian
terpenting dari suatu program dan website, ikon berguna untuk membantu user
memahami suatu menu atau konten dalam suatu web, misalnya dalam web Traveloka
terdapat ikon koper menunjukan kapasitas begasi, ikon kalender menunjukan waktu
pemesanan, ikon bendera menunjukan bahasa yang digunakan, ikon/logo maskapai,
ikon/logo bank, dll. Semua ikon itu umum digunakan oleh para programer, jadi user
pun sudah tidak asing lagi dengan ikon-ikon tersebut.
5. Antarmuka
Berbasis Interaksi Grafis
Dialog berbentuk pesan atau informasi
pada suatu gambar atau link yang tampil ketika pengguna melakukan suatu aktifitas.
Maksudnya seperti kotak dialog, tombol-tombol, list box, combo box, scroll,
dll. Yang perintah dari suatu web yang di desain secara grafis yang mudah di
pahami. Pada web Traveloka ini juga banyak terdapat interaksi berbasis grafis
contohnya sebagai berikut :
a. Tombol
Tekan
Banyak terdapat tombol tekan pada
bagian programnya, berbeda dengan program-program desktop yang menggunakan
tombol tekan bergaya tiga dimensi, pada web tombol tekan biasanya menggunakan
hightlight atau Hover pada tombol tekan yang mempunyai link aktif. Contohnya
seperti ini
b. List
Box
List box pada web ini terdapat pada
menu pemilihan kota tujuan disana di buat List box daftar nama- nama. Pada List
Box itu di tampilkan semua nama kota, jadi user tidak merasa bingung untuk
mencari kota asal dan kota tujuan.
c. Combo
Box
Combo Box pada web ini bisa kalian
lihat pada menu jumlah penumpang, ada dewasa, anak-anak, dan Bayi. Apabila di
klik dia akan drop pilihan angka jumlah penumpang 1-7.Kami masih merasa bingung
dengan combo box ini, karena menu ini tidak terlihat seperti combo box, akan
lebih baik di tambahkan tanda segitiga ke arah bawah seperti tampilan combo box
pada umumnya, seperti gambar dibawah ini.
d. Radio
Button
Radio Button biasanya di gunakan untuk
menu 2 pilihan yang hanya bisa di pilih salah satu pilihan, pada web ini di
gunakan pada menu perjalanan sekali jalan / pulang pergi, harus di pilih salah
satu. Selain radio button juga masih banyak lagi dialogberbasis interaksi
grafis seperti Check Box, Spin Box, label box dll. Itu semua untuk membuat
tampilan lebih interaktif dan lebih simpel.
B. KONTEN
DALAM WEBSITE
Sebuah website tanpa adanya konten itu
bagaikan lembaran buku yang kosong, dengan adanya konten sebuah website akan
terasa hidup. Yang membedakan web satu dengan web lain selain dari desain
interface adalah konten yang menarik, unik, dan juga Original.
1.
Penggunaan Bahasa
Bahasa yang di gunakan dalam web ini ada beberapa yang kurang konsisten di bagian menu pada header, dia menggunakan bahasa indonesia tapi ada dua menu yang menggunakan bahasa inggris yaitu Register dan Login. Harusnya dia memakai bahasa Daftar dan Masuk untuk menggantikan kata Register dan Login. Lebih baik konsisten dalam bahasa karena dia sudah ada fasilitas ganti bahasa dengan ikon bendera,
2. Konten Unik dan Original
Sebuah website harus mempunyai konten
yang unik dan juga original sebagai pembeda web satu dengan web lain, agar
tidak di anggap oleh google sebagai plagiat. Bahasa Indonesia Bahasa Ingris Ganti
Traveloka ini mempunyai konten yang Unik dan Juga original, seperti yang
terlihat dari kalimat- kalimat promosi dan kalimat penjelas tentang web. Kalimat-kalimat
semacam ini bagus untuk menarik perhatian para pengunjung untuk percaya dan
yakin dengan Traveloka.com
3. Penggunaan
Font
Untuk Penggunaan Font, untuk keyword
penting harus lebih di tekankan atau di cetak tebal atau besar, supaya
pengunjung bisa tau dan mengerti. Tapi secara keseluruhan penggunaan Font dari bentuk,
model, ukuran, warna dll sudah sangat bagus dan jelas.
C. Program
Karena Begitu banyaknya database pada
web Traveloka ini maka di sediakan program pencarian tiket dan juga hotel untuk
memudahkan para pengunjung untuk menemukan tiket dan hotel yang mereka
inginkan.
1. User
Friendly
Program Pencarian ini sudah sangat
bagus, simpel, dan mudah di mengerti atau yang biasa di sebut User Friendly,
dalam artian bersahabat dengan pengguna.
2. Cepat dan Tepat
Program ini di Desain sedemikian rupa
untuk bisa mencari tiket dan hotel secara cepat dan tepat, sesuai yang di
inginkan para pengunjung.
3.2.2
WEBSITE PRUDENSIAL
Prudential adalah sebuah grup
perusahaan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan jasa keuangan
ritel dan pengelolaan dana di pasar-pasar pilihan: inggris, amerika, asia dan
eropa kontinental. Www.prudential.co.id merupakan
bagian dari prudential plc yang berpengalaman lebih dari 165 tahun diindustri
asuransi jiwa. Www.prudential.co.id secara
garis besar menggambarkan tentang informasi prudential mulai dari profil,
kontak, penghargaan, komunitas, misi, laporan keuangan, siaran pers, kliping
berita, karir, kantor keagenan, dll. Agar memudahkan pembahasan, dalam
pembahasan kali ini website akan dijelaskan secara perbagian saja yaitu tentang
beberapa point penting. Pada umumnya yang harus diperhatikan dalam pembuatan
sebuah website. Diantaranya :
1. Isi
2. Struktur
menu
3. Design
4. Mudah
dalam pencarian dimesin pencari(search engine)
Namun
pada website prudential, kami akan membahas sesuai dengan keadaan dari kondisi
website prudential tersebut.
A.
TAMPILAN WEBSITE TRAVELOKA
1. Logo
dan nama
pada website prudential ini, penempatan logo dan nama sudah benar dan sesuai
dengan aturan umum yang berlaku yaitu diletakan disebelah kiri atas, karena
logo dan nama adalah identitas utama dari sebuah website. Logo yang digunakan
juga sederhana dan mudah dikenali.
2. Search
engine
Faktor penting berikutnya dalam
pembuatan website adalah search engine / mesin pencarian. Dengan adanya fitur
pencarian ini user dapat dengan mudah mencari informasi apa yang diinginkan
dalam website yang user kunjungi tanpa harus membuang-buang waktu. Hanya dengan
memasukan kata kunci user sudah dapat menemukan informasi yang user inginkan.
3. Ukuran
teks default
Ukuran teks yang digunakan pada website
ini memang kecil. Ini menjadikan beberapa konten tidak dapat dibaca, namun
website ini juga memberikan fitur grow font dan shrink font yang dapat user
gunakan untuk mengatur apakah teks tersebut dapat dilihat dengan ukuran besar,
sedang atau kecil.
4. Link
Link merupakan jalan pintas yang
digunakan web untuk merujuk sumber yang dituju. Pada situs ini, link yang
digunakan berwarna putih. Jika kursor kita arahkan pada link atau persis pada
tulisannya (hover), maka akan ada tanda pada link tersebut yaitu tanda underline(digaris
bawahi) dan warna teks berubah menjadi merah seperti warna merah yang berada
pada logo website.
5. Tampilan
link image
Pada bagian tampilan link image diatas,
kita bisa melihat bahwa link image yang digunakan seperti menubar pada image
yang biasanya. Padahal pada setiap link image ini bisa dicklik. Biasanya
pengunjung kurang memperhatikan hal tersebut, tetapi pada saat pengunjung bisa
meng-clik image link tersebut, barulah pengunjung sadar bahwa link image
tersebut adalah sebuah button yang dapat di-clik.
6. Scrolling
Pemakaian scrolling ini ditunjukan
untuk melihat keseluruhan isi dari website, ini dikarenakan isi website yang
melebihi ukuran monitor. Dengan scroll ini pengujung bisa melihat kelanjutan
isi dari website ini. Pada website ini penggunaan scrollnya sangat efisien,
karena pada saat kita scroll kebawah tidak terlihat space yang kosong. Ini
menjadikan website tersebut terlihat bagus dan penggunaan scrollnya efisien.
Kebanyakan website yang membuat space kosong akan terlihat tidak menarik.
7. Pengelompokkan
menu dan sub-menu
Diadakannya pengelompokkan menu dan
sub-menu ini bertujuan untuk memudahkan pengunjung untuk mengakses menu-menu
tertentu sesuai dengan keinginan. Pengelompokkan ini dilakukan berdasarkan
kategori dan kedekatan fungsional. Ada menu-menu tertentu dimana jika
pengunjung meng-clik kemudian akan muncul sub-sub menu lainya. Contohnya, jika
kita meng-clik menu tentang kami maka akan muncul lagi sub-sub menu
yang terkait dengan menu yang sudah kita clik tadi.
8. Penempatan
menu utama
Bisa dikatakan bahwa penempatan menu
utama adalah yang paling terpenting. Karena, biasanya user akan mengamati
sebuah website dimulai dari atas, kiri-kanan, dan terakhir kebawah.
9. Screen
resolution
Screen resolution digunakan jika
halaman website memenuhi layar komputer pengguna. Maka ketika pengguna
mengakses halaman website tersebut pengguna harus menggeserkan scrolling kearah
kanan dan kiri atau kearah atas dan bawah tentu saja hal ini kurang bagus
dimata pengunjung. Namun website prudential ini cukup baik dalam memperhatikan
faktor screen resolution ini, halaman website ini dibuat menggunakan ukuran
yang dinamis, dimana pengunjung tidak perlu menggunakan scroll untuk melihat
keseluruhan halaman website. Tentu saja ini merupakan kelebihan dari website
ini. Sehingga pengguna tidak perlu kwatir dengan adanya perbedaan resolusi dan
tidak perlu menggunakan scroll.
10. Penggunaan
Bahasa
Dalam website ini ditampilkan adanya
pemilihan alih bahasa dalam bahasa internasional (english version). Ini berarti
website ini juga ditunjukan untuk user dari luar negeri atau dalam artian lain
warga negara asing yang ingin melihat website ini bisa dengan mudah mengerti
maksut dan tujuan website ini hanya dengan meng-clik alih bahasa seperti gambar
diatas.
11. Penggunaan
hari dan tanggal
Pada dasarnya penggunaan hari dan
tanggal pada situs website dapat memudahkan pengunjung yang mengakses situs
tersebut. Website ini mencantumkan penggunaan fitur hari dan tanggal sehingga
pengunjung bisa melihat postingan apa saja yang telah website ini postkan pada
hari dan tanggal yang diinginkan oleh pengunjung.
12. Konten
news
Konten berita pada sebuah website
biasanya berisikan tentang cuplikan berita-berita terhangat. Pada website ini
konten berita dibagi menjadi beberapa sub-menu dan dalam penulisan headline
beritanya sangat bagus karena menggunakan kalimat yang sederhana hal ini
dikarenakan pada umumnya pengunjung sangat malas untuk membaca berita yang
pajang-lebar. Website ini secara tidak langsung menyaran kepada pengguna jika
ingin membacanya secara detail pengunjung bisa meng-clik berita tersebut.
13. Hubungi
kami
Menu kontak biasanya disediakan oleh
setiap situs untuk mendapatkan pertanyaan, komentar, saran, dan kritik yang
berguna bagi pengembang website tersebut. Website prudential juga menyediakan
menu hubungi kami / contact us, pemberian menu ini sudah cukup baik karena
website ini telah memberikan pelayanan yang maksimal.
14. Penggunaan
flash
Adanya penggunaan flash pada sebuah
website ini biasanya untuk mempercantik tampilan website. Pada website
prudential ini hanya menginformasikan pesan dari rektor 1 sampai 3, jadi tidak
terlalu mengganggu akses pengunjung.
3.2.3. TOKOPEDIA
Tokopedia merupakan web portal jual beli barang yang
popular dari Indonesia, Tokopedia membantu untuk menjualkan barang barang dari
penyedia barang dengan ketentuan ketentuan perusahaan dalam menjualnya.
Tokopedia memberikan kemudahan dalam membeli barang dalam via online, dengan
fitur yang mudah digunakan dan tingkat keamanan transaksi yang terjamin 100%
oleh perusahaan tersebut.
A.
TAMPILAN INTERFACE WEBSITE TOKOPEDIA
1.
Nama dan Logo
Tokopedia adalah nama yang sudah melekat di masyarakat
Indonesia, dengan nama yang mencerminkan fungsi dari web porta tersebut yaitu
took, dengan Namanya kita sudah dapat mengetahui fungsi dari web tersebut,
yaitu sebuah took online dengan banyak referensi yang bisa dilihat dan
kategori yang dapat dipilih. Tokopedia adalah nama yang sempurna untuk web portal
ini dan dapat menarik pembeli atau klient yang ingin menjual barangnya di
perusahaan tersebut.
2.
Tampilan Grafis
Dalam halaman utamanya kita akan disuguhkan dengan
tampilan yang simple tapi dengan banyak kegunaan. Dengan tema halaman yang
putih dan hijau sebagai pengguna halaman ini, saya merasa sejuk dengan tampilan
tesebut. Yang paling dominan dari tampilan utama adalah pengiklanan fitur dan
promo dari aplikasi tersebut, dengan tujuan menawarkan kemudahan dan diskon
yang disediakan oleh web portal tersebut.
Dalam halaman utamanya juga ada search bar yang memudahkan pengguna untuk mencari barang yang diinginkan secara spesifik dan sesuai keinginan pengguna, selanjutnya ada opsi untuk mendaftar menjadi member pembeli dan masuk akun untuk yang sudah memiliki member.
3.
Sistem Menu
Sistem menu dalam portal ini berguna untuk memudahkan
pengguna untuk menjelajahi web portal dengan leluasa. Dalam tampilan menu
Tokopedia ada beberapa fitur yang di sediakan seperti logo yang akan selalu ada
pojok kanan atas yang berguna untuk Kembali ke halaman utama dengan satu kali
tekan, lalu ada opsi kategori yang akan menmpilkan kategori yang secara rinci
agar dapat menyaring jenis barang yang diinginkan, selanjutnya ada search bar
yang dapat mencari barang secara rinci, lalu ada kolom keranjang agar dapat melihat
barang apa saja yang ingin dibeli, dan yang terakhir adalah opsi masuk dan
daftar.
Untuk tampilan menu tambahan yang terletak dibagian
bawah sebagi berikut, fitur yang disediakan adalah menu Tokopedia yang akan
memberikan informasi dari apa Tokopedia itu sampai dengan fitur hadiah yang
disediakan oleh Tokopedia. Fitur beli yang menyediakan tiket dari kereta sampai
dengan yang lain lain, lalu fitur jual yang bertujuan menarik klient untuk
bekerja sama dan menjual produk mereka untuk di pajang di web Tokopedia
tersebut. Opsi bantuan yang akan membantu mengguna bila ada yang tidak
dimengerti dari web tersebut. Opsi opsi lain juga tersedia seperti keamanan,
social media dan switch untuk mengganti Bahasa dari web portal tersebut.
4.
Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis
Suatu informasi yang berisi link yang dapat memudahkan
pengguna berupa dialog atau gambar, Interaksi grafis yang terdapat pada
Tokopedia adalah:
a.
Tombol Tekan
Setiap dari box di atas adalah tomonol tekan yang
apabila di klik akan memasukan pengguna ke halaman lain yang berhubungan dengan
dialog yang dui tekan. Setiap tombol dengan dialog berbeda beda akan merisi
dengan link yang berbeda beda sesuai dengan dialog yang dipilih.
b.
List Box
Ini adalah Listbox yang terdapat dalam pilihan kategor
pada menu utama Tokopedia, List box ini memudahkan penguna untuk menyaring item
atau barang yang ingin dibeli tergantung kebutuham pengguna. Opsi yang disediakan
dalam list box tersebut sudah mencakup semua fitur yang ada di dalam web porta
Tokopedia.
c.
Quantity Editor
Kegunaanya dalam web portal Tokopedia adalah menentukan
berapa banyak barang yang akan dibeli dalam satu kali beli, ini memudahkan
pengguna yang ingin membeli barang lebih dari satu dari barang yang sama.
5.
IKON / SIMBOL
Ikon adalah hal yang sangat membatu dalam web portal,
selain dapat memberi tahu fusngsi suatu tombol, bisa juga sebagai sarana
memperindah atau membuat tampilan lebih menarik. Lebih tepatnya ikon dapat
digunakan sebagai sarana advertisement yang menarik pengguna baru atau pengguna
lama memakai web portal tersebut. Karena ikon ikon tersebut sering dipakai oleh
web programmer, maka ikon ikon tersebut sudah tidak asing lagi dan tidak asing
di mata pengguna internet.
B.
KONTEN DALAM WEBSITE
Konten yang terdapat pada Tokopedia berupa promo barang
– barang yang ada serta diskon yang diperikan langsung dari tokopedia. Diskon
ini bisa berupa voucher digital yang nantinya kita menginput atau meredeemnya
sendiri seperti kupon cashback, gratis ongkos kirim, dan lain – lain. Namun
voucher ini memiliki syarat dan ketentuannya masing – masing. Official store
atau power badge biasanya merupakan tempat yang sudah dipercaya dan memiliki
rating tinggi dalam menjual barang.
Kemudian sebagai penjual biasanya akan diberikan
beberapa keringanan dalam menjual dan mempaketkan barangnya. Supaya barang yang
dijual dapat berada di posisi teratas pencarian tokopedia menyediakan sebuah
servis yang berbayar dan terkadang juga ada yang gratis pada waktu tertentu.
3.2.4.
Blibli
Blibli merupakan platform yang dirilis PT Global Digital Niaga yang didirikan tahun 2010. Platform ini bekerja sama dengan provider teknologi, mitra logistik, merchant partner, dan banking partner yang terkemuka. Tak heran jika sistem back-end platform ini dikenal berkualitas dan nyaman digunakan. Blibli menjadi platform e-commerce pilihan bagi yang mencari benda elektronik. Hal ini karena platform tersebut cenderung berfokus pada gadget, kamera, laptop, konsol game, televisi, dan benda elektronik lainnya.
1.
Fitur-fitur yang ada pada blibli
a.
Fitur Bagi Pelanggan
1.
Blibli Hasanah
Bertepatan dengan Ramadan, Blibli meluncurkan kurasi
produk terbaru, yaitu Blibli Hasanah. Ini akan mempermudah masyarakat dalam
mencari berbagai kebutuhan harian yang amanah, termasuk makanan, produk
kesehatan dan kecantikan, mainan anak, zakat, paket perjalanan Umrah, dan
busana modest untuk pria maupun wanita. Blibli meluncurkan kurasi ini karena
melihat adanya tren peningkatan permintaan, khususnya dari generasi millennial,
untuk produk-produk amanah.
2.
Blibli Paylater
Blibli akan meluncurkan fitur Paylater di kuartal kedua
tahun ini untuk meningkatkan kemudahan transaksi bagi para pelanggan. Dengan
Paylater, para pelanggan dapat membeli produk yang diinginkan saat itu juga,
kemudian melakukan pembayaran sesuai jangka waktu yang ditentukan. Hadirnya
fitur Paylater memperluas opsi pembayaran di Blibli menjadi sembilan, yang
didukung oleh 36 mitra pembayaran lainnya, termasuk bank.
b.
Layanan Bagi seller
1.
Pemberdayaan Usaha Mikro Lewat Blibli Mitra
Blibli Mitra adalah layanan khusus untuk memberdayakan
pengusaha mikro yang menjalankan usaha toko kelontong atau warung. Melalui
Blibli Mitra, pengusaha warung dapat menawarkan produk digital berupa pulsa,
token listrik, pembayaran tagihan (BPJS, air), selain kebutuhan rumah tangga
lainnya. Pengusaha warung juga bisa memesan stok dengan harga grosir melalui
Blibli Mitra.
2.
Dukungan Bagi Creativepreneur
Blibli membuka akses pasar bagi creativepreneur fashion
melalui kolaborasi khusus dengan 9 local brand modest dan 3 local brand umum
ternama, di antaranya Buttonscarves, KAMI, Puru Kambera, dan Vivi Zubedi untuk
meluncurkan koleksi eksklusif Ramadan.
3.
Kerja Sama dengan FMCG
Blibli menyediakan platform penjualan dan pemasaran agar
FMCG bisa terus menyalurkan berbagai produk ke pelanggan. Blibli telah bekerja
sama dengan top brands seperti Unilever, Danone, dan Indomilk dalam melakukan
promosi khusus, seperti ongkos kirim gratis.
4.
Layanan Logistik
Blibli bekerja sama dengan Kementerian Pertanian
(Kementan) untuk memberdayakan kelompok tani dengan membantu mereka berjualan
secara online. Dengan demikian, Blibli telah menciptakan sumber pendapatan baru
bagi para kelompok tani.
2. Kelebihan
Blibli
·
Gratis ongkir ke
seluruh Indonesia kepada para pengguna agar para pembeli merasa puas belanja di
Blibli
·
Packing aman, keamanan
tambahan di Blibli yaitu saat ada yang berbelanja barang elektronik, barang
tersebut akan dipacking kayu agar barang elektronik tersebut tidak terjadi
masalah saat pengiriman.
·
Ada kupon diskon dan
promo hal ini akan menarik para pembeli yang mudah didapatkan dengan berbagai
macam.
·
Layanan baik, Blibli
menyediakan customer service guna untuk menerima pertanyaan dari para pengguna.
·
Pelayanan customer
service yang cepat, ramah dan sabar yang akan membuat si pembeli tidak
merasakan kekecewaan.
·
Harganya kompetitif
jika dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, blibli menyediakan
harga termurah jika sering mengecek stoknya, karena stok barang akan sering
habis.
·
Berbagai produk yang
ada di blibli menyediakan berbagai produk untuk dijual, mulai dari kebutuhan
sehari-hari, kebutuhan primer, produk elektronik, hingga produk gaya hidup.
3. Kekurangan
Blibli
·
Pengiriman lumayan
lama
·
Notifikasi dan
pemberitahuan, Blibli hanya akan mengirim pemberitahuan ketika awal pembelian
dan konfirmasinya, dan tidak akan ada notifikasi selanjutnya.
·
Konfirmasi pembayaran
cukup lama
·
System pembayaran
manual
4. Tampilan
Menu Blibli
3.2.5.
Zalora
Zalora
bisa menjadi pilihan e-commerce yang tepat bagi yang senang tampil fashionable
atau sekadar sedang mencari pakaian dan kebutuhan lainnya. Tidak perlu repot
mencari di luar, platform ini menyediakan banyak pilihan. Pengguna bisa
menemukan banyak brand fashion terkenal di aplikasi ini. Platform ini
menyediakan banyak pilihan produk fashion berkualitas, mulai dari pakaian,
sepatu, aksesoris, dan lain sebagainya.
1.
Fitur fitur yang ada pada Zalora
·
filter untuk
penjual dan lokasi
·
rekomendasi
pencarian dan produk
·
search bar di
halaman katalog
2.
Kelebihan Zalora
·
Tampilan Nya Yang Mudah Digunakan
·
Tersedia Layanan Gratis Ongkos Kirim
·
Semua Produk Bermerk Original
·
Tersedia Fitur Voucher Belanja
3.
Kekurangan Zalora
Kelemahan yang terdapat di Zalora ini sendiri
tidaklah terlalu banyak, hanya saja saat kamu ingin melakukan konfirmasi
pembayaran masih harus menggunakan sistem manual, sehinga memakan waktu yang
agak lama dan juga memerlukan waktu beberapa jam. Kelemahan yang berikut
ini terdapat pada jangka waktu pengirimannya, yang agak lama yang bisa sampai
memakan waktu 1 sampai 2 minggu barang baru bisa di terima oleh pembeli.
4.
Tampilan Menu Zalora
BAB IV
DAFTAR PUSTAKA
· http://repository.untag-sby.ac.id/6575/1/ETS_EBISNIS_RIO%20ANGGA%20P_1211800250.pdf
· http://thykadewi22.blogspot.com/2015/05/contoh-analisa-website.html
· https://dokumen.tips/technology/analisa-website-traveloka-makalah-imk.html?page=17
· https://sunglasseslife.wordpress.com/2020/07/09/analisis-website-tokopedia/
· https://zaloraindonesia.zendesk.com/hc/id/sections/900000353903-Fitur-ZALORA
Komentar
Posting Komentar