TUGAS PERTEMUAN 8 PENGANTAR WEB SCIENCE

 

TUGAS MAKALAH

ANALISIS WEB

MATA KULIAH PENGANTAR WEB SCIENCE

 

 



 

 

Disusun Oleh:

Ananda Nurlita (50420166)

 

 

2IA18

TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS GUNADARMA

2022


 

BAB I

1.    PENDAHULUAN

1.1.        Latar Belakang Masalah

Saat ini kebutuhan akan sebuah informasi merupakan sebuah konsumsi yang hampir bergerak kepada kebutuhan primer manusia. Hal ini dikarenakan perkembangan jaman modern dimana teknologi komunikasi sangat berkembang pesat dan memungkinkan setiap orang dapat saling berbagi informasi kepada siapapun, dimanapun dan kapanpun.

Teknologi informasi dan berkembang pesat dalam dekade terakhir, terutama pesatnya perkembangan penggunaan internet dan world wide web mengubah cara hidup, bekerja, berkomunikasi, dan pembelajaran manusia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berbagai teknologi pembelajaran jarak jauh interaktif menyebabkan perubahan positif dalam proses belajar mengajar jika dibandingkan dengan sistem pembelajaran jarak jauh sebelumnya.

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan dari penggunaan teknologi informasi adalah meningkatnya ketepatan dan kecepatan informasi yang sangat membantu operasional lembaga atau organisasi.

1.2.        Rumusan Masalah

1.    Menjelaskan jenis-jenis web

2.    Menganalisis web

1.3.        Tujuan Penelitian

Tujuan dari pembuatan analisi ini untuk mengetahui ada jenis web apa saja dengan cara menganalisis tiap webnya

BAB II

2.    TINJAUAN PUSTAKA


2.1. Usability

Usabilitas adalah suatu istilah yang digunakan untuk menandakan bahwa orang dapat mempekerjakan alat tertentu dengan mudah dalam rangka mencapai tujuan tertentu. usabilas dapat juga mengacu pada metode yang digunakan untuk mengukur usabilitas dan studi mengenai kerapian atau efisiensi suatu obyek. Dimensi usabilitas oleh Quesenbery ( 2003).

·       Efektif (Effective). ketelitian dan Kelengkapan para pemakai dalam mencapai gol mereka.

·       Efisien (Efficient). Kecepatan (dengan ketelitian) para pemakai dalam menyelesaikan tugas mereka.

·       Keterlibatan (Engaging). Derajat atau tingkat gaya interface yang membuat produk nymaan untuk digunakan.

·       toleransi Kesalahan (Error tolerant). Seberapa baik disain mencegah kesalahan dan emmebantu memeperbaiki kesalahan ini.

·       Mudah untuk sipelajari (Easy to learn). Seberapa baik produk mendukung orientasi awal dan memperdalam pemahaman tentang kemampuan prosuk tersebut.

2.2. Fleksibilitas

Usabilas juga mempunyai suatu hubungan dengan fleksibilitas dalam disain. Secara umum, ketika fleksibilitas dari suatu disain meningkat, usabilitas nya berkurang.Disain fleksibel dapat melakukan banyak fungsi dibanding disain khusus, tapi kurang efisien, hal Ini memebuat disain lebih kompleks. Fleksibilitas membuat para pemakai tidak bisa dengan jelas mengantisipasi sistem kebutuhan mereka yang akan datang. Kemudian, pada akhirnya Fleksibilitas itu akan mengakibatkan suatu pengurangan usabilitas. sehingga perlu dipertimbangkan.

2.3. User Interface

Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer. Desain antar Muka yang baik memiliki karakteristik di berikut ini:

·       Standardisasi: keseragaman sifat-sifat antarmuka pemakai pada aplikasi yang berbeda.

·       Integrasi: keterpaduan antara paket aplikasi dan software tools.

·       Konsistensi: keseragaman dalam suatu program aplikasi.

·       Portabilitas: dimungkinkannya data dikonversi pada berbagai hardware dan software.

Ada beberapa hal yang menyebabkan menurunnya tingkat usabilitas dari suatu desain antar muka system, diantaranya ialah :

1.         Teks belum jelas dan pemilihan kata yang tidak tepat dalam bertanya menjadi penyebab Keraguan dan akhirnya dibaca kembali, yang memungkinkan para pengguna salah dalam menafsirkannya.

2.         Grafis yang tidak tepat sehingga unsur-unsur penting tersembunyi.

3.         Judul yang tidak representatif. Ini juga menciptakan kebingungan dan menghalangi kemampuan dalam melihat hubungan yang ada.

4.         Permintaan informasi yang tidak penting atau tidak relevan, permintaan informasi yang memerlukan pemikirkan ulang dari jawaban sebelumnya sehingga membingungkan pengguna yang pada akhirnya menimbulkan kekeliruan.

5.         Layout yang tidak terstruktur dan terarah yang memungkinkan terjadinya kesalahan.

6.         Kualitas presentasi yang jelek, sulit dibaca, akan menurunkan kemampuan pemakai dan menyebabkan kesalahan lagi.

 

BAB III

3.    LANDASAN TEORI

3.1. JENIS JENIS WEB

A.    Web Berdasarkan Platform

1.     Content Management System (CMS)

2.     Website Builder

3.     HTML dan CSS

B.    Web Berdarkan Fungsi

1.     Blog atau Website Pribadi

2.     E-commerce/Toko Online

3.     Website Perusahaan

4.     Blog (Content Marketing)

5.     Organisasi atau Instansi Pemerintah

6.     Media Sharing

7.     Komunitas Online

8.     Website Berita

C.    Web Berdasarkan Sifat

1.     Web Statis

2.     Web Dinamis

3.     Web Interaktif 

3.2. ANALISIS WEB

3.2.1.   TRAVELOKA

Traveloka adalah salah satu marketplace dalam bidang pemesanan tiket pesawat dan hotel yang sangat populer di Indonesia, Traveloka bekerjasama dengan beberapa maskapai dan juga hotel. Traveloka.com memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mencari tiket pesawat dan juga hotel dengan tampilan yang menarik dan program pencarianya yang mudah digunakan (user friendly). Traveloka memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan kepada user yang hendak mencari tiket pesawat dan hotel.

A.    TAMPILAN WEBSITE TRAVELOKA

1.     Nama Dan Logo

Traveloka nama yang sangat bagus dan cocok untuk suatu website yang berhubungan dengan Perjalanan / wisata, dengan adanya kata yang khas yaitu Travel yang berarti perjalanan. Nama yang cukup simpel dan mudah di ingat. Nama Traveloka sudah sangat melekat di otak masyarakat, apabila seseorang ingin berpergian atau berwisata, butuh tiket pesawat dan penginapan pasti yang muncul pertama kali di otak mereka adalah Traveloka.

2.    Tampilan website menu atau desain

Pertama kali masuk ke website Traveloka kalian akan di suguhkan dengan tampilan yang menarik dan Simpel dengan tema biru. Pada home page web Traveloka dia lebih mengutamakan mesin atau program pencarian tikel pesawat dan juga hotel, namun tetap terlihat menarik dengan adanya gambar-gambar, banner dan juga ikon-ikon sebagai pelengkap dan juga memudahkan user untuk lebih memahami.

3.     System Menu

Sistem Menu tidak pernah lepas dari sebuah sistem atau program baik program Desktop ataupun program Online, Sistem menu berguna untuk memudahkan user untuk berkomunikasi dengan program, User bisa memberikan perintah hanya dengan menekan atau klik sebuah menu. Sistem menu ada beberapa jenis misal menu datar, menu pulldown, menu dropdown dll.

Pada website Traveloka ini juga terdapat beberapa menu yang bisa membantu para user untuk menemukan apa yang mereka inginkan. Pada bagian Header halaman Traveloka terdapat beberapa menu penting yang di butuhkan para user seperti Pilihan Hotel / Tiket, Bantuan, Login, Register, Cara Pesan, Cek Pesanan, Pilihan Bahasa, Pilihan mata uang. Menurut kami ini sudah sangat bagus karena dia menempatkan menu pada bagian header hanya menu-menu yang penting saja, menu yang sangat di butuhkan oleh para user dan tidak mengganggu tampilan. Untuk menu-menu pelengkap di letakan di bagian Footer atau bagian paling bawah website, menu-menu pelengkap itu seperti Contact Us, Customer Service, About Us, kebijakan Privasi, Syarat & Ketentuan, FAQ, Social Media, dll. Menu-menu ini sangat cocok di letakan di bawah karena tidak terlalu banyak di gunakan oleh user.

4.     IKON / Simbol

Ikon atau simbol juga merupakan bagian terpenting dari suatu program dan website, ikon berguna untuk membantu user memahami suatu menu atau konten dalam suatu web, misalnya dalam web Traveloka terdapat ikon koper menunjukan kapasitas begasi, ikon kalender menunjukan waktu pemesanan, ikon bendera menunjukan bahasa yang digunakan, ikon/logo maskapai, ikon/logo bank, dll. Semua ikon itu umum digunakan oleh para programer, jadi user pun sudah tidak asing lagi dengan ikon-ikon tersebut.

5.     Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis

Dialog berbentuk pesan atau informasi pada suatu gambar atau link yang tampil ketika pengguna melakukan suatu aktifitas. Maksudnya seperti kotak dialog, tombol-tombol, list box, combo box, scroll, dll. Yang perintah dari suatu web yang di desain secara grafis yang mudah di pahami. Pada web Traveloka ini juga banyak terdapat interaksi berbasis grafis contohnya sebagai berikut :

a.     Tombol Tekan

Banyak terdapat tombol tekan pada bagian programnya, berbeda dengan program-program desktop yang menggunakan tombol tekan bergaya tiga dimensi, pada web tombol tekan biasanya menggunakan hightlight atau Hover pada tombol tekan yang mempunyai link aktif. Contohnya seperti ini

b.     List Box

List box pada web ini terdapat pada menu pemilihan kota tujuan disana di buat List box daftar nama- nama. Pada List Box itu di tampilkan semua nama kota, jadi user tidak merasa bingung untuk mencari kota asal dan kota tujuan.

c.     Combo Box

Combo Box pada web ini bisa kalian lihat pada menu jumlah penumpang, ada dewasa, anak-anak, dan Bayi. Apabila di klik dia akan drop pilihan angka jumlah penumpang 1-7.Kami masih merasa bingung dengan combo box ini, karena menu ini tidak terlihat seperti combo box, akan lebih baik di tambahkan tanda segitiga ke arah bawah seperti tampilan combo box pada umumnya, seperti gambar dibawah ini.

d.     Radio Button

Radio Button biasanya di gunakan untuk menu 2 pilihan yang hanya bisa di pilih salah satu pilihan, pada web ini di gunakan pada menu perjalanan sekali jalan / pulang pergi, harus di pilih salah satu. Selain radio button juga masih banyak lagi dialogberbasis interaksi grafis seperti Check Box, Spin Box, label box dll. Itu semua untuk membuat tampilan lebih interaktif dan lebih simpel.

B.    KONTEN DALAM WEBSITE

Sebuah website tanpa adanya konten itu bagaikan lembaran buku yang kosong, dengan adanya konten sebuah website akan terasa hidup. Yang membedakan web satu dengan web lain selain dari desain interface adalah konten yang menarik, unik, dan juga Original.

1.     Penggunaan Bahasa

Bahasa yang di gunakan dalam web ini ada beberapa yang kurang konsisten di bagian menu pada header, dia menggunakan bahasa indonesia tapi ada dua menu yang menggunakan bahasa inggris yaitu Register dan Login. Harusnya dia memakai bahasa Daftar dan Masuk untuk menggantikan kata Register dan Login. Lebih baik konsisten dalam bahasa karena dia sudah ada fasilitas ganti bahasa dengan ikon bendera,

2.     Konten Unik dan Original

Sebuah website harus mempunyai konten yang unik dan juga original sebagai pembeda web satu dengan web lain, agar tidak di anggap oleh google sebagai plagiat. Bahasa Indonesia Bahasa Ingris Ganti Traveloka ini mempunyai konten yang Unik dan Juga original, seperti yang terlihat dari kalimat- kalimat promosi dan kalimat penjelas tentang web. Kalimat-kalimat semacam ini bagus untuk menarik perhatian para pengunjung untuk percaya dan yakin dengan Traveloka.com

3.     Penggunaan Font

Untuk Penggunaan Font, untuk keyword penting harus lebih di tekankan atau di cetak tebal atau besar, supaya pengunjung bisa tau dan mengerti. Tapi secara keseluruhan penggunaan Font dari bentuk, model, ukuran, warna dll sudah sangat bagus dan jelas.

C.    Program

Karena Begitu banyaknya database pada web Traveloka ini maka di sediakan program pencarian tiket dan juga hotel untuk memudahkan para pengunjung untuk menemukan tiket dan hotel yang mereka inginkan.

1.     User Friendly

Program Pencarian ini sudah sangat bagus, simpel, dan mudah di mengerti atau yang biasa di sebut User Friendly, dalam artian bersahabat dengan pengguna.

2.      Cepat dan Tepat

Program ini di Desain sedemikian rupa untuk bisa mencari tiket dan hotel secara cepat dan tepat, sesuai yang di inginkan para pengunjung.

 

3.2.2    WEBSITE PRUDENSIAL

Prudential adalah sebuah grup perusahaan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan jasa keuangan ritel dan pengelolaan dana di pasar-pasar pilihan: inggris, amerika, asia dan eropa kontinental. Www.prudential.co.id merupakan bagian dari prudential plc yang berpengalaman lebih dari 165 tahun diindustri asuransi jiwa. Www.prudential.co.id secara garis besar menggambarkan tentang informasi prudential mulai dari profil, kontak, penghargaan, komunitas, misi, laporan keuangan, siaran pers, kliping berita, karir, kantor keagenan, dll. Agar memudahkan pembahasan, dalam pembahasan kali ini website akan dijelaskan secara perbagian saja yaitu tentang beberapa point penting. Pada umumnya yang harus diperhatikan dalam pembuatan sebuah website. Diantaranya :

1.     Isi

2.     Struktur menu

3.     Design

4.     Mudah dalam pencarian dimesin pencari(search engine)

Namun pada website prudential, kami akan membahas sesuai dengan keadaan dari kondisi website prudential tersebut.


A.    TAMPILAN WEBSITE TRAVELOKA

1.      Logo dan nama
pada website prudential ini, penempatan logo dan nama sudah benar dan sesuai dengan aturan umum yang berlaku yaitu diletakan disebelah kiri atas, karena logo dan nama adalah identitas utama dari sebuah website. Logo yang digunakan juga sederhana dan mudah dikenali.

2.       Search engine

Faktor penting berikutnya dalam pembuatan website adalah search engine / mesin pencarian. Dengan adanya fitur pencarian ini user dapat dengan mudah mencari informasi apa yang diinginkan dalam website yang user kunjungi tanpa harus membuang-buang waktu. Hanya dengan memasukan kata kunci user sudah dapat menemukan informasi yang user inginkan.

3.       Ukuran teks default

Ukuran teks yang digunakan pada website ini memang kecil. Ini menjadikan beberapa konten tidak dapat dibaca, namun website ini juga memberikan fitur grow font dan shrink font yang dapat user gunakan untuk mengatur apakah teks tersebut dapat dilihat dengan ukuran besar, sedang atau kecil.

4.       Link

Link merupakan jalan pintas yang digunakan web untuk merujuk sumber yang dituju. Pada situs ini, link yang digunakan berwarna putih. Jika kursor kita arahkan pada link atau persis pada tulisannya (hover), maka akan ada tanda pada link tersebut yaitu tanda underline(digaris bawahi) dan warna teks berubah menjadi merah seperti warna merah yang berada pada logo website.

5.       Tampilan link image

Pada bagian tampilan link image diatas, kita bisa melihat bahwa link image yang digunakan seperti menubar pada image yang biasanya. Padahal pada setiap link image ini bisa dicklik. Biasanya pengunjung kurang memperhatikan hal tersebut, tetapi pada saat pengunjung bisa meng-clik image link tersebut, barulah pengunjung sadar bahwa link image tersebut adalah sebuah button yang dapat di-clik.

6.       Scrolling

Pemakaian scrolling ini ditunjukan untuk melihat keseluruhan isi dari website, ini dikarenakan isi website yang melebihi ukuran monitor. Dengan scroll ini pengujung bisa melihat kelanjutan isi dari website ini. Pada website ini penggunaan scrollnya sangat efisien, karena pada saat kita scroll kebawah tidak terlihat space yang kosong. Ini menjadikan website tersebut terlihat bagus dan penggunaan scrollnya efisien. Kebanyakan website yang membuat space kosong akan terlihat tidak menarik.

7.       Pengelompokkan menu dan sub-menu

Diadakannya pengelompokkan menu dan sub-menu ini bertujuan untuk memudahkan pengunjung untuk mengakses menu-menu tertentu sesuai dengan keinginan. Pengelompokkan ini dilakukan berdasarkan kategori dan kedekatan fungsional. Ada menu-menu tertentu dimana jika pengunjung meng-clik kemudian akan muncul sub-sub menu lainya. Contohnya, jika kita meng-clik menu tentang kami maka akan muncul lagi sub-sub menu yang terkait dengan menu yang sudah kita clik tadi.

8.       Penempatan menu utama

Bisa dikatakan bahwa penempatan menu utama adalah yang paling terpenting. Karena, biasanya user akan mengamati sebuah website dimulai dari atas, kiri-kanan, dan terakhir kebawah. 

9.       Screen resolution

Screen resolution digunakan jika halaman website memenuhi layar komputer pengguna. Maka ketika pengguna mengakses halaman website tersebut pengguna harus menggeserkan scrolling kearah kanan dan kiri atau kearah atas dan bawah tentu saja hal ini kurang bagus dimata pengunjung. Namun website prudential ini cukup baik dalam memperhatikan faktor screen resolution ini, halaman website ini dibuat menggunakan ukuran yang dinamis, dimana pengunjung tidak perlu menggunakan scroll untuk melihat keseluruhan halaman website. Tentu saja ini merupakan kelebihan dari website ini. Sehingga pengguna tidak perlu kwatir dengan adanya perbedaan resolusi dan tidak perlu menggunakan scroll.

10.      Penggunaan Bahasa

Dalam website ini ditampilkan adanya pemilihan alih bahasa dalam bahasa internasional (english version). Ini berarti website ini juga ditunjukan untuk user dari luar negeri atau dalam artian lain warga negara asing yang ingin melihat website ini bisa dengan mudah mengerti maksut dan tujuan website ini hanya dengan meng-clik alih bahasa seperti gambar diatas.

11.      Penggunaan hari dan tanggal

Pada dasarnya penggunaan hari dan tanggal pada situs website dapat memudahkan pengunjung yang mengakses situs tersebut. Website ini mencantumkan penggunaan fitur hari dan tanggal sehingga pengunjung bisa melihat postingan apa saja yang telah website ini postkan pada hari dan tanggal yang diinginkan oleh pengunjung.

12.      Konten news

Konten berita pada sebuah website biasanya berisikan tentang cuplikan berita-berita terhangat. Pada website ini konten berita dibagi menjadi beberapa sub-menu dan dalam penulisan headline beritanya sangat bagus karena menggunakan kalimat yang sederhana hal ini dikarenakan pada umumnya pengunjung sangat malas untuk membaca berita yang pajang-lebar. Website ini secara tidak langsung menyaran kepada pengguna jika ingin membacanya secara detail pengunjung bisa meng-clik berita tersebut.

13.      Hubungi kami

Menu kontak biasanya disediakan oleh setiap situs untuk mendapatkan pertanyaan, komentar, saran, dan kritik yang berguna bagi pengembang website tersebut. Website prudential juga menyediakan menu hubungi kami / contact us, pemberian menu ini sudah cukup baik karena website ini telah memberikan pelayanan yang maksimal.

14.      Penggunaan flash

Adanya penggunaan flash pada sebuah website ini biasanya untuk mempercantik tampilan website. Pada website prudential ini hanya menginformasikan pesan dari rektor 1 sampai 3, jadi tidak terlalu mengganggu akses pengunjung.


3.2.3.     TOKOPEDIA

Tokopedia merupakan web portal jual beli barang yang popular dari Indonesia, Tokopedia membantu untuk menjualkan barang barang dari penyedia barang dengan ketentuan ketentuan perusahaan dalam menjualnya. Tokopedia memberikan kemudahan dalam membeli barang dalam via online, dengan fitur yang mudah digunakan dan tingkat keamanan transaksi yang terjamin 100% oleh perusahaan tersebut.

A.    TAMPILAN INTERFACE WEBSITE TOKOPEDIA

1.     Nama dan Logo

Tokopedia adalah nama yang sudah melekat di masyarakat Indonesia, dengan nama yang mencerminkan fungsi dari web porta tersebut yaitu took, dengan Namanya kita sudah dapat mengetahui fungsi dari web tersebut, yaitu sebuah took online dengan banyak referensi yang bisa dilihat dan kategori yang dapat dipilih. Tokopedia adalah nama yang sempurna untuk web portal ini dan dapat menarik pembeli atau klient yang ingin menjual barangnya di perusahaan tersebut.

2.     Tampilan Grafis

Dalam halaman utamanya kita akan disuguhkan dengan tampilan yang simple tapi dengan banyak kegunaan. Dengan tema halaman yang putih dan hijau sebagai pengguna halaman ini, saya merasa sejuk dengan tampilan tesebut. Yang paling dominan dari tampilan utama adalah pengiklanan fitur dan promo dari aplikasi tersebut, dengan tujuan menawarkan kemudahan dan diskon yang disediakan oleh web portal tersebut.

Dalam halaman utamanya juga ada search bar yang memudahkan pengguna untuk mencari barang yang diinginkan secara spesifik dan sesuai keinginan pengguna, selanjutnya ada opsi untuk mendaftar menjadi member pembeli dan masuk akun untuk yang sudah memiliki member.

3.     Sistem Menu

Sistem menu dalam portal ini berguna untuk memudahkan pengguna untuk menjelajahi web portal dengan leluasa. Dalam tampilan menu  Tokopedia ada beberapa fitur yang di sediakan seperti logo yang akan selalu ada pojok kanan atas yang berguna untuk Kembali ke halaman utama dengan satu kali tekan, lalu ada opsi kategori yang akan menmpilkan kategori yang secara rinci agar dapat menyaring jenis barang yang diinginkan, selanjutnya ada search bar yang dapat mencari barang secara rinci, lalu ada kolom keranjang agar dapat melihat barang apa saja yang ingin dibeli, dan yang terakhir adalah opsi masuk dan daftar.

Untuk tampilan menu tambahan yang terletak dibagian bawah sebagi berikut, fitur yang disediakan adalah menu Tokopedia yang akan memberikan informasi dari apa Tokopedia itu sampai dengan fitur hadiah yang disediakan oleh Tokopedia. Fitur beli yang menyediakan tiket dari kereta sampai dengan yang lain lain, lalu fitur jual yang bertujuan menarik klient untuk bekerja sama dan menjual produk mereka untuk di pajang di web Tokopedia tersebut. Opsi bantuan yang akan membantu mengguna bila ada yang tidak dimengerti dari web tersebut. Opsi opsi lain juga tersedia seperti keamanan, social media dan switch untuk mengganti Bahasa dari web portal tersebut.


4.     Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis

Suatu informasi yang berisi link yang dapat memudahkan pengguna berupa dialog atau gambar, Interaksi grafis yang terdapat pada Tokopedia adalah:

a.     Tombol Tekan

Setiap dari box di atas adalah tomonol tekan yang apabila di klik akan memasukan pengguna ke halaman lain yang berhubungan dengan dialog yang dui tekan. Setiap tombol dengan dialog berbeda beda akan merisi dengan link yang berbeda beda sesuai dengan dialog yang dipilih.

b.     List Box

Ini adalah Listbox yang terdapat dalam pilihan kategor pada menu utama Tokopedia, List box ini memudahkan penguna untuk menyaring item atau barang yang ingin dibeli tergantung kebutuham pengguna. Opsi yang disediakan dalam list box tersebut sudah mencakup semua fitur yang ada di dalam web porta Tokopedia.

c.     Quantity Editor

Kegunaanya dalam web portal Tokopedia adalah menentukan berapa banyak barang yang akan dibeli dalam satu kali beli, ini memudahkan pengguna yang ingin membeli barang lebih dari satu dari barang yang sama.

5.     IKON / SIMBOL

Ikon adalah hal yang sangat membatu dalam web portal, selain dapat memberi tahu fusngsi suatu tombol, bisa juga sebagai sarana memperindah atau membuat tampilan lebih menarik. Lebih tepatnya ikon dapat digunakan sebagai sarana advertisement yang menarik pengguna baru atau pengguna lama memakai web portal tersebut. Karena ikon ikon tersebut sering dipakai oleh web programmer, maka ikon ikon tersebut sudah tidak asing lagi dan tidak asing di mata pengguna internet.


B.    KONTEN DALAM WEBSITE

Konten yang terdapat pada Tokopedia berupa promo barang – barang yang ada serta diskon yang diperikan langsung dari tokopedia. Diskon ini bisa berupa voucher digital yang nantinya kita menginput atau meredeemnya sendiri seperti kupon cashback, gratis ongkos kirim, dan lain – lain. Namun voucher ini memiliki syarat dan ketentuannya masing – masing. Official store atau power badge biasanya merupakan tempat yang sudah dipercaya dan memiliki rating tinggi dalam menjual barang.

Kemudian sebagai penjual biasanya akan diberikan beberapa keringanan dalam menjual dan mempaketkan barangnya. Supaya barang yang dijual dapat berada di posisi teratas pencarian tokopedia menyediakan sebuah servis yang berbayar dan terkadang juga ada yang gratis pada waktu tertentu.


3.2.4.     Blibli

Blibli merupakan platform yang dirilis PT Global Digital Niaga yang didirikan tahun 2010. Platform ini bekerja sama dengan provider teknologi, mitra logistik, merchant partner, dan banking partner yang terkemuka. Tak heran jika sistem back-end platform ini dikenal berkualitas dan nyaman digunakan. Blibli menjadi platform e-commerce pilihan bagi yang mencari benda elektronik. Hal ini karena platform tersebut cenderung berfokus pada gadget, kamera, laptop, konsol game, televisi, dan benda elektronik lainnya.


1.     Fitur-fitur yang ada pada blibli

a.     Fitur Bagi Pelanggan

1.     Blibli Hasanah

Bertepatan dengan Ramadan, Blibli meluncurkan kurasi produk terbaru, yaitu Blibli Hasanah. Ini akan mempermudah masyarakat dalam mencari berbagai kebutuhan harian yang amanah, termasuk makanan, produk kesehatan dan kecantikan, mainan anak, zakat, paket perjalanan Umrah, dan busana modest untuk pria maupun wanita. Blibli meluncurkan kurasi ini karena melihat adanya tren peningkatan permintaan, khususnya dari generasi millennial, untuk produk-produk amanah.

2.     Blibli Paylater

Blibli akan meluncurkan fitur Paylater di kuartal kedua tahun ini untuk meningkatkan kemudahan transaksi bagi para pelanggan. Dengan Paylater, para pelanggan dapat membeli produk yang diinginkan saat itu juga, kemudian melakukan pembayaran sesuai jangka waktu yang ditentukan. Hadirnya fitur Paylater memperluas opsi pembayaran di Blibli menjadi sembilan, yang didukung oleh 36 mitra pembayaran lainnya, termasuk bank.

b.     Layanan Bagi seller

1.     Pemberdayaan Usaha Mikro Lewat Blibli Mitra

Blibli Mitra adalah layanan khusus untuk memberdayakan pengusaha mikro yang menjalankan usaha toko kelontong atau warung. Melalui Blibli Mitra, pengusaha warung dapat menawarkan produk digital berupa pulsa, token listrik, pembayaran tagihan (BPJS, air), selain kebutuhan rumah tangga lainnya. Pengusaha warung juga bisa memesan stok dengan harga grosir melalui Blibli Mitra.

2.     Dukungan Bagi Creativepreneur

Blibli membuka akses pasar bagi creativepreneur fashion melalui kolaborasi khusus dengan 9 local brand modest dan 3 local brand umum ternama, di antaranya Buttonscarves, KAMI, Puru Kambera, dan Vivi Zubedi untuk meluncurkan koleksi eksklusif Ramadan.

3.     Kerja Sama dengan FMCG

Blibli menyediakan platform penjualan dan pemasaran agar FMCG bisa terus menyalurkan berbagai produk ke pelanggan. Blibli telah bekerja sama dengan top brands seperti Unilever, Danone, dan Indomilk dalam melakukan promosi khusus, seperti ongkos kirim gratis.

4.     Layanan Logistik

Blibli bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memberdayakan kelompok tani dengan membantu mereka berjualan secara online. Dengan demikian, Blibli telah menciptakan sumber pendapatan baru bagi para kelompok tani.

2.     Kelebihan Blibli

·       Gratis ongkir ke seluruh Indonesia kepada para pengguna agar para pembeli merasa puas belanja di Blibli

·       Packing aman, keamanan tambahan di Blibli yaitu saat ada yang berbelanja barang elektronik, barang tersebut akan dipacking kayu agar barang elektronik tersebut tidak terjadi masalah saat pengiriman.

·       Ada kupon diskon dan promo hal ini akan menarik para pembeli yang mudah didapatkan dengan berbagai macam.

·       Layanan baik, Blibli menyediakan customer service guna untuk menerima pertanyaan dari para pengguna.

·       Pelayanan customer service yang cepat, ramah dan sabar yang akan membuat si pembeli tidak merasakan kekecewaan.

·       Harganya kompetitif jika dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, blibli menyediakan harga termurah jika sering mengecek stoknya, karena stok barang akan sering habis.

·       Berbagai produk yang ada di blibli menyediakan berbagai produk untuk dijual, mulai dari kebutuhan sehari-hari, kebutuhan primer, produk elektronik, hingga produk gaya hidup.

3.     Kekurangan Blibli

·       Pengiriman lumayan lama

·       Notifikasi dan pemberitahuan, Blibli hanya akan mengirim pemberitahuan ketika awal pembelian dan konfirmasinya, dan tidak akan ada notifikasi selanjutnya.

·       Konfirmasi pembayaran cukup lama

·       System pembayaran manual

 

4.     Tampilan Menu Blibli


3.2.5.     Zalora

Zalora bisa menjadi pilihan e-commerce yang tepat bagi yang senang tampil fashionable atau sekadar sedang mencari pakaian dan kebutuhan lainnya. Tidak perlu repot mencari di luar, platform ini menyediakan banyak pilihan. Pengguna bisa menemukan banyak brand fashion terkenal di aplikasi ini. Platform ini menyediakan banyak pilihan produk fashion berkualitas, mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris, dan lain sebagainya.

1.     Fitur fitur yang ada pada Zalora

·       Visual search

·       pembayaran melalui gopay

·       estimasi biaya pengiriman

·       filter untuk penjual dan lokasi

·       tampilan katalog grid view

·       rekomendasi pencarian dan produk

·       complete the look

·       search bar di halaman katalog

·       follow brand favorit

·       promo terbaik

2.     Kelebihan Zalora

·       Tampilan Nya Yang Mudah Digunakan

·       Tersedia Layanan Gratis Ongkos Kirim

·       Semua Produk Bermerk Original

·       Tersedia Fitur Voucher Belanja

3.     Kekurangan Zalora

Kelemahan yang terdapat di Zalora ini sendiri tidaklah terlalu banyak, hanya saja saat kamu ingin melakukan konfirmasi pembayaran masih harus menggunakan sistem manual, sehinga memakan waktu yang agak lama dan juga memerlukan waktu beberapa jam. Kelemahan yang berikut ini terdapat pada jangka waktu pengirimannya, yang agak lama yang bisa sampai memakan waktu 1 sampai 2 minggu barang baru bisa di terima oleh pembeli.

4.     Tampilan Menu Zalora




 

BAB IV

DAFTAR PUSTAKA

 

·       http://repository.untag-sby.ac.id/6575/1/ETS_EBISNIS_RIO%20ANGGA%20P_1211800250.pdf

·       http://thykadewi22.blogspot.com/2015/05/contoh-analisa-website.html

·       https://dokumen.tips/technology/analisa-website-traveloka-makalah-imk.html?page=17

·       https://sunglasseslife.wordpress.com/2020/07/09/analisis-website-tokopedia/

·       https://zaloraindonesia.zendesk.com/hc/id/sections/900000353903-Fitur-ZALORA

·       https://highlight.id/aplikasi-belanja-platform-ecommerce-blibli-com-fitur-fasilitas-terbaru-bulan-ramadhan-dukungan-bagi-pelanggan-seller/

 

 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALGORITMA DDA, BRESENHAM DAN MIDPOINT CIRCLE

PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA PERUSAHAAN NASIONAL & INTERNASIONAL

ANDROID VS IOS